Sabtu, 03 April 2010

ARTI SEBUAH NAMA






HUDAN
Penggalan kata dari "Hudalinas" yang kuambil dari sepotong kata indah dalam kitab suci Al Quran,dengan sadar ku lekatkan sebagai nama anak ini. Makna yang sarat harapan agar menjadi manusia dewasa yang mampu mengingatkan dan menunjukkan jalan lurus terhadap dirinya dan sesama yang sedang dalam kebimbangan.

PULUNG
"Pulung" dalam bahasa Jawa berarti: kekuatan dari sang Pencipta untuk menjadikan seorang sebagai pimpinan,Alhamdulillah di mata guru dan teman-temannya, ia selalu dipercaya untuk memimpin kelasnya. Oleh gurunyapun dipercaya sebagai duta sekolah dalam kompetisi akademik hingga bela diri(karate).Semua data tersebut belumlah cukup untuk menyimpulkan tentang jatidiri anak ini, tetapi selama proses pendewasaan berlangsung seperti ini, tugas saya sebagai orang tuanya semakin ekstra.

ILHAM
Makna kata "Ilham" adalah laki-laki yang diberi anugerah oleh sang pencipta bumi langit dan seisinya.Harapan kami sebagai orang tuanya adalah agar dengan anugerah terbaik yang ia miliki maka dapat menjadikan dirinya seorang kholifah/imam bagi sesama sebagaimana karakter para suhada dan ulama besar yang berpengaruh dalam sejarah kehidupan manusia.

PRADIPTA
Makna kata "Pradipta" berasal dari bahasa jawa yang artinya cahaya keabadian. Makna tersirat yang kami harapkan adalah anak laki-laki yang dapat menjaga dinnul islam karena islam mampu menjadi penerang hati manusia selamanya.

HANASTI
"Hanasti" merupakan kepanjangan dari "Sihana dan Satiti Widorini".Makna dan harapan yang tersirat di balik nama ini adalah agar mereka mengetahui bahwa yang mengukir jiwa raga mereka adalah Pak Hana dan Bu Satiti.Oleh karena itu, kewajiban anak terhadap kedua orang tuanya untuk berbakti,tidak menyakiti hati,menjadi anak sholeh,mikul dhuwur-mendhem jero dan menjadi mata air surgawi yang terus mengalir sebagai pemberat timbangan amal kebaikan kami ketika kami telah pulang kepangkuan Illahi.

MISI PSIKOLOGIS
Konsekuensi psikologis bagi "Hudan Pulung Hanasti" dan "Ilham Pradipta Hanasti" adalah, mereka harus berusaha membawa imaje dan berusaha mewujudkan misi atas nama yang dia miliki. Mereka dan kami sebagai orang tua harus menjadi team yang solid untuk mengantar ke arah pendewasaan mereka dengan benar. Oleh karena itu,kuatkanlah hamba,berilah kami petunjuk untuk membimbing mereka berada di jalan-Mu ya Alloh,

SETITIK MUTIARA
Alhamdulillah, Sudah pasti karena kehendak Illahi sehingga di usia mereka yang masih sangat muda sudah mampu merangkai kalimat logis. Hasil tes IQ-mereka menunjukkan rentang 125-130 artinya ia termasuk kategori anak cerdas menuju superior,tetapi apakah kemampuan ini akan menjadi pemercepat proses(katalisator)yang dapat kami harapkan untuk mencapai cita-cita mereka kelak,semua kuserahkan kepada pemberi kebijakan hakiki sajalah,saya selaku orang tuanya wajib mengarahkan dengan segenap kemampuan yang kami miliki dan berdoa agar Alloh ridho atas doa kami,amin.

POTRET DINAMIKA KEHIDUPAN KELUARGA

  Pantai Klayar dan Ata Luhung Hanasti Cerita tentang air laut tiada batas bagi siapapun. Lukisan tentang keindahan yang tertuang melalui tu...